Dampak Hepatitis Pada Kesuburan Bagi Pria yang Wajib Diwaspadai

Hepatitis merupakan jenis penyakit  kronis yang menyerang organ hati atau liver. Kondisi ini biasanya disebabkan karena infeksi virus hepatitis. Penyakit hepatitis sendiri juga terdiri dari beberapa tipe dan macam. Namun tahukah Anda jika hepatitis juga dapat berpengaruh pada kesuburan. Berikut penjelasan dampak hepatitis pada kesuburan bagi pria.

Dampak Hepatitis Pada Kesuburan Bagi Pria yang Wajib Diwaspadai

Penyebab dan Gejala Hepatitis
Meski sering kali disebabkan karena infeksi virus, tidak menutup kemungkinan jika hepatitis juga disebabkan karena infeksi lainya. Beberapa hal yang mampu mempengaruhinya antara lain seperti hepatitis autoimun dan hepatitis yang terjadi akibat penggunaan obat tertentu. Mulai dari alkohol dan berbagai zat lainnya yang mengandung racun bagi tubuh.

Hal-Hal Tentang Hepatitis yang Perlu Diperhatikan
Secara garis besar hepatitis yang disebabkan karena virus diklasifikasikan sebagai hepatitis viral yakni hepatitis A, B, C, D, dan E. Biasnya hepatitis A muncul dalam keadaan akut jangka pendek. Sedangkan hepatitis B, C, dan D akan berlanjut dalam keadaan kronis. Beberapa gejalanya antara lain seperti demam, mudah lelah, nyeri otot, urine gelap, dan lainnya.

Dampak Hepatitis Pada Kesuburan Pria
Hepatitis B biasanya terjadi akibat infeksi virus yang bisa mempengaruhi fungsi hati. Hepatitis jenis ini lebih berbahaya dari jenis lainnya. Bahkan cara penularannya juga lebih cepat dari HIV. Protein dari virus hepatitis B sendiri diketahui mampu menurunkan kualitas sperma sekaligus mengurangi tingkat pembuahan hingga lebih dari 50%.

Jadi seorang pria yang terinfeksi virus hepatitis B cenderung memiliki risiko infertilitas 1,6 kali lebih besar dari pria yang tidak terinfeksi.  Jika kondisi ini terjadi tentunya akan menurunkan kadar hormon testosteron, kuantitas sperma, bentuk sperma, dan daya gerak sperma yang ikut mempengaruhi kesuburan dan kemampuan sperma selama proses pembuahan.

Pentingnya Ketahanan Sel Sperma
Sebenarnya ada hubungan antara daya gerak sperma dan fungsi mitokondria yang menurun dengan kesuburan. Mengapa? Sebab potensi membran mitokondria akan mewakili keadaan sel sperma. Hal ini disebabkan karena mitokondria menghasilkan energi untuk bisa mendukung daya gerak sperma. Jadi secara tidak langsung kesuburan pria juga ikut menurun.

Dampak Infeksi Hepatitis Lainnya Bagi Kesuburan Pria
Dampak virus hepatitis B mempengaruhi bentuk sel sperma salah satunya disebabkan karena protein dan gen sperma yang dirusak oleh virus hepatitis. Bentuk sperma memang dirancang agar mampu bergerak dengan lincah dan bertahan hidup hingga proses pembuahan. Namun perlindungan sel yang mengalami kerusakan akan berdampak pada sperma itu sendiri.

Sebuah penelitian juga membuktikan jika dampak negatif hepatitis B terhadap sistem reproduksi pria dapat menstimulasi sel sperma untuk merusak atau menghancurkan dirinya sendiri sehingga mengalami kematian. Hal ini disebabkan karena virus hepatitis B membawa radikal bebas yang berakibat pada mekanisme pertahanan tubuh yang kurang baik.

Nah, di atas merupakan beberapa penjelasan mengenai dampak hepatitis pada kesuburan pria. Meski mampu mempengaruhi kesuburan, namun Anda tak perlu khawatir selama menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Penting juga untuk menjauhi perilaku seks bebas dan alkohol. Mulailah gaya hidup sehat sebagai tindakan pencegahan.

0 komentar:

Posting Komentar