Apa Itu Tendinitis Achilles? Apa Sajakah Penyebabnya?

Tendinitis achilles adalah suatu gangguan kesehatan pada bagian tendon yang menghubungkan otot betis ke bagian tumit. Bagian ini merupakan urat yang kuat, sehingga jika mengalami cedera atau peradangan pasti akan terasa sakit. Apabila kondisinya sampai menegang, maka sangat mungkin urat atau tendon ini robek dan menimbulkan cedera yang lebih parah.

Apa Itu Tendinitis Achilles

Cedera dalam bagian ini sangat mengganggu dengan rasa nyeri hebat yang ditimbulkan. Anda bisa sampai kesulitan berjalan karenanya. Bagian belakang pergelangan kaki juga pasti menjadi area munculnya rasa sakit. Lalu, apa saja penyebab tendinitis achilles ini?

1. Olahraga dan Aktivitas Fisik

Olahraga dan Aktivitas Fisik

Sebenarnya, peradangan pada tendon yang menghubungkan otot betis dengan tumit ini terjadi karena cedera ataupun aktivitas yang berlebihan. Aktivitas ini dapat berupa olahraga ataupun aktivitas fisik lainnya, seperti pekerjaan berat ataupun aktivitas sehari-hari lainnya. Olahraga merupakan kegiatan fisik yang melibatkan kontraksi tendon lebih banyak.

Gerakan berulang-ulang seperti melompat atau berlari lebih berisiko menyebabkan peradangan tendon di bagian pergelangan kaki ini karena sangat melibatkan peran tendon achilles. Meskipun berolahraga sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan, namun tetap saja akan membahayakan tubuh jika terlalu berat ataupun tidak menggunakan prosedur yang benar. Anda juga perlu berhati-hati dalam melakukan segala sesuatu.

Tendinitis achilles adalah peradangan cukup serius yang bisa muncul karena beberapa kegiatan fisik, seperti bekerja di lokasi konstruksi, bekerja di pabrik, dan berkebun di rumah. Untuk menghindarinya, Anda tidak harus berhenti olahraga ataupun berhenti bekerja. Sebaiknya, tetaplah mengimbangi antara aktivitas dengan istirahat. Jika tidak, fleksibilitas tendon akan menurun dan lebih berisiko mengalami peradangan. Usahakan menggunakan alas kaki yang nyaman dan berhati-hati saat beraktivitas agar tidak cedera.

2. Kondisi Fisik Tertentu
Kondisi fisik tertentu juga berkontribusi terhadap peradangan pada tendon achilles. Orang dengan telapak kaki datar berada pada risiko tinggi mengalami kondisi tersebut. Hal ini terjadi karena tidak adanya lengkungan pada telapak kaki akan memberi lebih banyak tekanan pada bagian tendon achilles. Jadi, tendinitis achilles adalah risiko dari kasus telapak kaki datar. Anda harus segera mengatasinya dengan konsultasi ke dokter ahli.

Kondisi fisik lainnya adalah kelebihan berat badan atau obesitas. Berat badan berlebih ini tentu saja membuat beban kaki lebih berat dan membuat tumpuan di area tendon archilles lebih besar. Karenanya, peradangan lebih berisiko terjadi.

3. Usia dan Jenis Kelamin
Dilansir dari situs hellosehat.com, penyebab tendinitis achilles berikutnya adalah usia dan jenis kelamin. Saat bertambah usia, terutama saat mencapai usia 30 tahun, suplai darah ke area tendon achilles berkurang. Penurunan suplai darah ini otomatis mengurangi fleksibilitas tendon. Kondisi ini menyebabkan cedera tendon achilles. Hal ini menyatakan bahwa sebagian besar kasus peradangan tendon achilles terjadi pada orang usianya sudah lebih dari 30 tahun. Selain faktor bertambahnya usia, pria lebih cenderung mengalami peradangan tendon achilles dibandingkan wanita.

4. Mengenakan Sepatu Tak Layak Pakai
Alas kaki juga sangat berpengaruh pada kondisi tendon achilles. Sepatu yang tak layak pakai bisa menyebabkan ketidaknyamanan bagi Anda. Jika Anda memakai sepatu yang tidak sesuai ukuran atau jenisnya, maka terdapat peningkatkan risiko cedera tendon achilles. Memakai sepatu yang using dan tidak menyokong kaki atau tumit, juga dapat memengaruhi kekokohan kaki dalam bergerak. Mengenakan high heels terlalu tinggi atau terlampau sering juga berpotensi menyebabkan peradangan tendon achilles. Untuk itu, sangat penting memakai sepatu yang tepat saat berolahraga. Alas kaki yang tepat saat beraktivitas, misalnya sandal yang nyaman, juga sangat diperlukan agar kaki bergerak bebas. Otot kaki juga tidak tegang karenanya.

5. Kondisi Kesehatan

Kondisi Kesehatan

Tendinitis achilles adalah peradangan yang juga disebabkan oleh kondisi kesehatan. Orang yang mengalami psoriasis dan tekanan darah tinggi memang berisiko lebih tinggi terkena tendinitis achilles. Sama halnya dengan seseorang yang mengonsumsi obat-obatan tanpa resep dokter juga akan lebih berisiko terkena peradangan pada tendon achilles.

Berbagai penyebab peradangan pada tendon achilles di atas memang perlu diketahui dan dipahami agar Anda bisa mencegah terjadinya kondisi tersebut. Kondisi tendon kaki yang sehat tentu akan melancarkan setiap aktivitas, baik itu olahraga, maupun aktivitas keseharian. Untuk Anda yang sering melakukan kegiatan fisik, imbangilah kegiatan dengan istirahat agar kaki tetap sehat dan tendon tidak tegang.

Sumber Artikel:
hellosehat.com
www.honestdocs.id

Sumber Gambar:
www.halodoc.com
fullfitnessgym.uk
kumparan.com

0 komentar:

Posting Komentar