Menjaga Ketajaman Pisau Dapur itu Sangat Penting, Ini dia Caranya


Pisau dapur merupakan salah satu alat masak yang wajib dimiliki. Hal tersebut dikarenakan alat masak yang satu ini juga sama pentingnya dengan kehadiran alat masak lain seperti wajan, panci, dan juga kompor, serta alat masak lainnya. Kehadiran pisau menjadi salah satu alat yang bisa membantu para ibu rumah tangga untuk memotong bahan makanan menjadi lebih mudah dan juga cepat. Pisau dapur pun memiliki banyak jenis yang bisa disesuaikan dengan fungsi dan juga kegunaan yang dimiliki olehnya.

Menjaga Ketajaman Pisau Dapur itu Sangat Penting, Ini dia Caranya

Ada pisau yang diperuntukkan untuk memotong daging, memotong sayuran, menyayat ikan dan aktivitas memasak lainnya. Semua pisau memiliki bentuk yang berbeda yang disesuaikan dengan kegunaannya. Kehadiran pisau di dapur pun sangat penting dalam proses memasak. Namun, kondisi pisau harus selalu tajam agar mudah untuk digunakan. pasalnya pisau yang sudah tumpul tidak akan bisa berfungsi dengan benar bahkan akan susah untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Untuk menjaga pisau agar tetap terjaga ketajamannya. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengasah pisau yang ada di rumah secara rutin. Tak perlu dilakukan setiap hari, tapi pastikan anda mengasah pisau dapur secara rutin. Proses pengasahan pisau ini juga dapat disesuaikan dengan menggunakan kualitas pisau yang digunakan. semakin bagus kualitas pisau, maka semakin sering harus diasah.

Ketika mengasah pisau, harap dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Jika belum mengetahui cara mengasah pisau, ada baiknya untuk mempelajarinya terlebih dahulu atau pun mencari caranya di internet agar memudahkan anda dalam mengasah pisau. Kini alat pengasah pisau pun dijual secara bebas dan mudah untuk didapatkan. Sehingga akan sangat memudahkan anda dalam mengasah pisau agar menjadi tajam dan mudah untuk digunakan memotong bahan makanan yang ada di rumah.

Setelah anda selesai mengasah pisau yang anda miliki dengan menggunakan alat pengasah, pastikan untuk membuatnya bersih kembali. Hal tersebut dikarenakan proses pengasahan yang dilakukan tersebut dapat meninggalkan semacam residu yang harus dibersihkan setelahnya. Sehingga setiap selesai mengasah pisau dapur anda mesti membersihkan pisau dengan cara mencucinya hingga bersih.

Cara mencuci pisau pun cukup mudah, anda hanya harus membasuh pisau yang sudah diasah dengan menggunakan air, kemudian cuci menggunakan sabun, lalu keringkan pisau hingga benar-benar kering. Keringkan pisau dapur anda dengan menggunakan lap bersih dan pastikan jika pisau benar-benar kering sebelum disimpan. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa pisau yang memiliki material yang mudah berkarat sehingga harus dikeringkan dengan benar. Namun saat mengeringkan pisau anda harus tetap berhati-hati karena pisau yang anda keringkan baru diasah sehingga masih tajam.

Untuk menjaga pisau agar tetap tajam, pastikan jika anda menggunakan pisau sesuai dengan kegunaannya saja. Kegunaan pisau adalah untuk untuk memotong bahan makanan, sehingga sesuaikanlah dengan kegunaan tersebut. jangan gunakan pisau untuk memotong hal lain karena akan membuat mata pisau menjadi lebih mudah tumpul dan sulit untuk digunakan. gunakanlah pisau sesuai dengan kebutuhan seperti untuk memotong buah dan sayur ataupun memotong daging.

Jangan menggunakan pisau untuk hal lain seperti membuka tutup botol. Karena hal tersebut hanya akan merusak kondisi pisau dapur saja. Jangan pernah menggunakan pisau dapur untuk memotong selain bahan makanan untuk menjaga ketajamannya bertahan lebih lama. Hal ini disebabkan oleh pisau yang akan mudah menjadi tumpul jika sembarang digunakan.

0 komentar:

Posting Komentar